Tuesday, November 20, 2007

Day 5: Ke Kawah Putih

Baru dehh… hari ini Ayla dan Kakak Izza ikutan jalan-jalan… Datok mengajak rombongan ke Kawah Putih, di Ciwidey… terus ke Ciwalini.. Peserta dibagi 3, kelompencapir A, beranggotakan Datok, Nenek, Om Una, Kakak Izza, Opan, dan Tante Iis. Kelompencapir B dengan anggota Datok nDut, Adang Dani, Bang Vito, Bang Hendro, Kakak Vindi, Kakak Tina. Kelompencapir C anggotanya Om Adi, Tante Gita, Bang Arka, Oma Guru, Papa Ayla, Mama Ayla, Ayla, Wa Rina, Bang Nazran, trus Pak Gandi… biografi masing-masing ntar aja yaaa….

Konvoi 3 mobil berangkat dari Cijerah. Ayla semobil sama Bang Arka, Kakak Izza sama Kakak Opan.. dua anak itu susah dipisahin kalo udah ketemu. Menurut Kakak Izza, mereka beedua itu sudah satu hati dalam hal Main PS, Bertualang sam Om Una, dan berbandel ria… heran, Opan kok nurut aja apa yang dibilangin Kakaknya itu.

Beruntung kita berangkat pagi-pagi.. jadi gak kena macet.. Om Una dah apal banget jalan yang paling singkat menuju Ciwidey.. jadi gak usah lewat jalan Kopo.. tapi ujug-ujug dah mau nyampe aja…

Jalan ke Kawah Putih lumayan nanjak.. berbelok-belok lagi.. bagusnya di tempat yang rawan ada Pak Hansip yang rela menjaga.. biar kendaraan dua arah gak saling ngotot pingin duluan. Kiri Kanan jalan banyak pohon.. Ayla rame aja ‘itu pohonnn…. Itu pohon yyaggii…. Itu pohonn tingggiii… Itu pohonn …’ ya iyalah… di rumah Tangerang gak ada pohon sebanyak itu.

Sampai puncak, view lagi bagus.. biasanya ujung kawah gak keliatan karena berkabut. Kali ini jelassss banget .. berfoto-fotolah kita.. Ayla gak mau jalan dituntun.. maunya jalan sendiri aja…. Sok gede banget dehh… Kakak Izza sama rombongannya sesama anak kecil (padahal Izza dah kelas 5 SD lho..gak mau dibilang anak kecil lagi) berlarian nyari tempat buat bertualang sendiri..

Setelah cukup menikmati pemandangan.. rombongan bertolak ke pemandian air panas Ciwalini, deket dari Kawah Putih.. Dan seperti telah kita duga.. kolamnya rame sekali …. Banyak orang .. jadi kolamnya persis kayak es cendol.. tinggal nyaring aja.. tapi anak-anak mau sekali berendam-rendam.. Ayla juga kepingin.. cuman sampe kucipakan kaki doang… trus ‘Uddahhhh Pahh…’ ceunah ke Papanya yang udah sibuk nyiapin buaya pelampung.. Di sini kita buka bekal.. makanann yang disiapin Nenek dipurak sehabis-habisnya.. biar gak usah berat lagi bawa pulangnya…

Di Ciwalini gak lama-lama, berhubung rame pisan tea.. dan kayaknya kok rada mendung.. maka rombongan pun segera bertolak kembali ke rumah… rencana mau berenti di kebun stroberi pun di-cancel.

Di sepanjang perjalanan turun dari area kawah putih, ada yang bikin kita penasaran.. ada buah yang kulitnya kayak kulit naga gituuuh.. warnanya ungu.. gedenya segede labu siam lah... Sebenernya dari sejak di Kawah Putih pun itu buah dah ada dan menarik perhatian.. tapi lantaran gengsi dan bisi disangka arek meuli.. jadi kita gak tatanya pada si penjual.. Jadinya di jalan, sambil bermacet ria kita coba tanya .’Mang eta buah naon? ‘…. Abang penjual menjawab.. tapi kita gak denger.. akhirnya setelah cape menjerengkan mata.. mencoba melihat barangkali nama si buah itu ditulis.. akhirnya ada satu kios yang berbaik hati menempelkan tulisan ‘Pepelon’ di karton putih yang disimpan di atas itu buah…. ‘Ooooooo namanya pepelon..’ tapi rasanya apaan ya…. Mau nanya lagi gituuuh? .. Ahh tar disangka mau beli.. kan kasian penjualnya.. jadi rasa si buah masih teka-teki sampe sekarang.. . Adakah yang pernah merasakan itu buah?

Berkat teka-teki si buah berkulit naga, jalanan macet jadi gak kerasa, ujuk-ujuk kita dah nyampe rumah aja…. Istirahat…..malem ini rencananya mo ngajak Bang Dani dan Kak Zurina tentunya ke Heritage.. so pasti ini mah Tante Gita yang bawa acara..

Abis maghrib, jadinya kita berangkat lagi.. cuman kelompok komposisinya berubah.. Dan bisalah ditebak klo bawa perempuan gitu lohhhh.. ke FO.. bahkan Ayla aja sangat giat bereksploraasi… ‘kasih time.. kasih time.. Kak Rina itu belanja tak kenal time..’ Bang Dani ngingetin aja.. jadi Tante Gita tak jemu-jemu nyamperin para pembelanja.. sambil ketok jari ke jam tangannya.. Pulang dari situ kemanakah kita…??? Ke Mandep sodara-sodara…. Makan bakso malang.. sebelah mesjid Istiqomah tea.. Di Malaysia ada gak yg kayak gini? Kak Rina aja sampe nambah seporsi.. . Lumayanlah bakal cerita… besoknya rombongan Malaysia mau pulang….

No comments: